Friday 22 May 2009

MANFAAT BUAH SEMANGKA


Wah .. wah .. wah, bisakah semangka itu habis oleh si kecil?

Buah ini segar sekali, kadar airnya berlimpah, sehingga pada waktu makan harus hati-hati. Sebaiknya semangka dipotong kecil-kecil agar larutannya tidak ada yang terbuang. Bagaimana dengan kadar gulanya? Rasanya tidak terlalu manis. Ini menunjukkan kadar gulanya tidak terlalu banyak, berarti penderita diabet bisa makan buah ini. Beberapa buah-buahan mengandung lemak, namun semangka tidak. Karena itu buah ini bisa digunakan untuk diet. Kandungan ion kalium dan kadar air yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah, menggiatkan kerja jantung, memperbanyak air seni, menurunkan demam, mencegah sariawan.
Ketika makan semangka, jangan lupa kulit hijau muda yang melekat itu harus ikut dimakan.
Betakaroten dan vitamin C, sebagai antioksidan dapat mengoksidasi radikal bebas sehingga mampu melindungi dan membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
Selain itu semangka mengandung likopen yang mampu membantu antioksidan untuk mengatasi gangguan yang lebih berbahaya dari radikal bebas, seperti sel yang tumbuh abnormal menjadi kanker.
Himbauan yang sangat penting bagi kita agar tetap sehat, diantaranya adalah mengatur pola makan, berpikiran positif, tenang menghadapi apapun, agar kekebalan tubuh kita tidak terganggu, sehingga serangan radikal bebas yang sewaktu-waktu dapat terjadi, dapat kita atasi, apalagi di saat-saat kita lupa tidak memanfaatkan khasiat buah yang dapat kita andalkan. Selain manfaat di atas, likopen dapat membuat wajah kita bercahaya, segar, lebih muda dan memberi tambahan kekuatan.




No comments:

Post a Comment