Friday 8 May 2009

MIE BERGIZI

Mie banyak disukai orang. Bahkan ada yang setiap hari makan mie juga tidak bosan, atau sebenarnya bosan, teta[pi hanya karena terpaksa. Apkah mie yang Anda makan seperti gambar disamping?
Mie ini dilengkapi dengan sayur dan ikan sehingga makanan ini menjadi bergizi.
Seringkali mie sebagai makanan pelarian, yah terpaksalah makan mie, mau makan apa lagi. Kita sering lupa, pada saat masak dan makan mie,mie itu benar-benar hanya mie, tanpa dicampuri apapun. Ini berarti bahwa isi bahan makanan ini melulu karbohidrat. Kalau toh ada proteinnya, hanya sedikit, yaitu dari pabriknya padasaat mengolah mie.
Masakan mie akan menjadi bergizi apabila kita variasi dengan bahan makanan sayur, ikan atau yang lain yang sesuai, sehingga memungkinkan mie menjadi masakan bergizi. Jika kita memberi saran kepada keluarga seperti itu, sering mereka memprotes, wah repot-repot amat, mie itu fast food, jadi perlunya cepat, kalau dicampur-campur kan jadinya lama nunggunya, belum mikirnya harus dicampur dengan apa, belum lagi menyiapkannya, eh masaknya juga kan mienya terakhir, nunggu campurannya masak. Aduh, percuma dong. Itulah gerutu mereka.
Sekali lagi, tantangan bagi kita untuk mampu mengatasi masalah di atas. Bagaimana caranya agar protes di atas tidak lagi terjadi? Tentu kita harus meluangkan waktu untuk selalu masak mie dengan campuran bahan lain sehingga bergizi. Suatu saat bila mereka merasakan enaknya, merasakan menu setiap hari walaupun diantara makanan sering ada mienya, terutama malam hari, misalnya, mereka puas dan sekaligus merasa lebih sehat dibanding sebelumnya.
Itulah yang harus kita lakukan. Tak segan-segan kita erupaya sekuat tenaga dan sepenuh hati untuk selalu menyiapkan makanan bergizi. Pada kesempatan ini, marilah kita mulai memasak mie bergizi.

No comments:

Post a Comment